Rabu, 05 April 2017

Pengertian Resonansi Bunyi dan Contoh Resonansi dalam Kehidupan Sehari-hari

Pengertian Resonansi Bunyi dan Contoh Resonansi dalam Kehidupan Sehari-hari

Berikut ini adalah pembahasan tentang resonansi bunyi yang meliputi pengertian resonansi, contoh resonansi, contoh resonansi dalam kehidupan sehari-hari.

Pengertian Resonansi

Jika sebuah kendaraan berat (misalnya truk) melintas cukup dekat dengan rumahmu, kamu dapat merasakan lantai dan kaca rumahmu terasa bergetar. Atau, ketika ada halilintar, kaca rumahmu terasa bergetar. Mengapa ini terjadi?


Contoh-contoh kejadian sehari-hari di atas merupakan peristiwa resonansi bunyi. Untuk melihat contoh resonansi lain dan menjelaskan resonansi, lakukan kegiatan berikut!

Prosedur kerja:

  1. Letakkan tiga garputala pada jarak yang cukup dekat.
  2. Getarkan garputala A dengan cara memukul.
  3. Apa yang terjadi terhadap garputala B (frekuensinya sama)?
  4. Apa yang terjadi terhadap garputala C (frekuensinya berbeda)?
  5. Catatlah hasil pengamatanmu dan buatlah kesimpulannya!
Percobaan Resonansi
Gambar: Percobaan Resonansi

Ketika garputala bergetar, getaran tersebut mampu mengusik udara di sekelilingnya sehingga menimbulkan bunyi.

Getaran ini diteruskan oleh partikel-partikel udara sehingga garputala lain yang mempunyai frekuensi sama dan jaraknya berdekatan akan bergetar dan menimbulkan gelombang bunyi pula.
Garputala yang mempunyai frekuensi berbeda tidak akan terpengaruh oleh getaran gelombang bunyi ini. Oleh karena itu garputala yang mempunyai frekuensi berbeda tidak akan bergetar.

Dari Kegiatan tersebut dapat diambil suatu kesimpulan bahwa jika sebuah benda bergetar, benda lain yang mempunyai frekuensi sama dan berada dalam daerah rambatan getaran benda tersebut akan bergetar. Peristiwa ini disebut sebagai resonansi.
 Resonansi adalah peristiwa ikut bergetarnya suatu benda akibat benda lain yang bergetar karena keduanya memiliki frekuensi yang sama atau memiliki frekuensi yang merupakan bilangan bulat dari frekuensi salah satu benda bergetar. Resonansi bunyi pada kolom udara dimanfaatkan untuk menghasilkan bunyi pada alat musik.

Contoh Resonansi dalam Kehidupan Sehari-hari

Sebagian alat musik seperti gitar memanfaatkan peristiwa resonansi ini untuk menghasilkan suara yang lebih nyaring. Gitar biasanya mempunyai sebuah kotak udara.

Partikel-partikel udara di dalam kotak udara ini akan ikut bergetar ketika senar gitar dipetik. Udara di dalam kotak gitar beresonansi dengan kawat yang bergetar.

Hal ini dapat diamati jika senar gitar dibentangkan dan dipetik jauh dari lubang gitar, suara senar ini tidak akan nyaring seperti ketika dipetik di dekat kotak udara.

Coba kamu sebutkan contoh peristiwa resonansi lain yang dapat kamu temui dalam kehidupan sehari-hari.

Dampak Negatif Resonansi

Resonansi, selain membawa manfaat juga menimbulkan kerugian. Kerugian akibat resonansi antara lain adalah ketika terjadi gempa, bumi bergetar dan getaran ini diteruskan ke segala arah.

Getaran bumi dapat diakibatkan oleh peristiwa-peristiwa yang terjadi di perut bumi, misalnya terjadinya dislokasi di dalam perut bumi sehingga bumi bergetar yang dapat kita rasakan sebagai gempa.

Jika getaran gempa ini sampai ke permukaan dan sampai di pemukiman, gedung-gedung yang ada di permukaan bumi akan bergetar. Jika frekuensi getaran gempa sangat besar dan getaran gedung-gedung ini melebihi frekuensi alamiahnya, gedung-gedung ini akan roboh.

Selain gempa bumi, angin juga dapat membuat sebuah jembatan bergetar dan jika getarannya melebihi frekuensi alamiahnya, jembatan tersebut akan roboh.




VIDEO PEMBELAJARAN RESONANSI BUNYI


Tidak ada komentar:

Posting Komentar