Rabu, 05 April 2017

Alat Musik Tiup

Alat Musik Tiup

Daerah-daerah di Indonesia dikenal sebagai asal munculnya beberapa alat musik tiup yang kini banyak dikenal dan beberapa alat musik itu masih ada yang dilestarikan oleh masyarakat setempat hingga sekarang.
Akan tetapi, seiring dengan kemajuan jaman kegemaran menggunakan alat musik tiup ini bisa menurun disebabkan oleh hadirnya alat musik modern. Maka dari itu, perlu adanya rasa cinta budaya dan sejarah Indonesia, ditanamkan pada generasi muda Indonesia sejak dini, mulai dari tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga perguruan tinggi  (PT).

Mengenal Lebih dalam Tentang Alat Musik Tiup

Alat musik tiup merupakan suatu alat musik yang mengandung suatu jenis penalun (resonator), biasanya berbentuk seperti tabung memanjang, yang kolom udara di dalamnya digetarkan dengan cara ditiup ke atau melalui suatu tempat di ujung penalun. Titinada (pitch) getaran ditentukan oleh panjang tabung dan modifikasi manual panjang efektif kolom getar udara.

Cara memperoleh nada alat musik tiup:

1.      Mengubah panjang kolom udara getar dengan cara, mengubah panjang tabung melalui pengaturan katup (lihat katup putar dan katup piston) yang dilewati oleh udara melalui tabung tambahan sehingga meningkatkan panjang keseluruhan tabung, dan menurunkan titik nada dasar. Cara ini digunakan hampir semua alat musik logam (brass instrument).
  1. Mengubah panjang kolom udara getar dengan cara, mengubah panjang efektif tabung dengan menutup atau membuka lubang di sisi tabung. Ini bisa dilakukan dengan menutup lubang dengan jari atau menekan suatu kunci yang akan menutup lubang. Cara ini digunakan oleh hampir semua alat musik tiup kayu (woodwind instrument).
3.      Mengubah panjang kolom udara getar dengan cara, memperpanjang tabung menggunakan mekanisme geser. Cara ini digunakan pada alat musik tiup seperti trombon. Menggetarkan kolom udara pada berbagai harmoni tanpa mengubah panjang kolom udara.

Alat musik tiup dibagi menjadi dua kategori utama:

a. Alat musik tiup kayu (woodwind instrument)

b. Alat musik tiup logam (brasswind instrument)

1.  Alat musik tiup Klarinet




Dua buah klarinet sopran: klarinet A (bawah) dan klarinet B (atas), tanpa mouthpiece). Kedua klarinet tersebut menggunakan keywork.
Klarinet adalah instrumen musik berasal dari keluarga woodwind. Nama Klarinet diambil dari penambahan akhiran “-et” yang berarti “kecil” pada kata Itali “clarino” yang berarti “trompet”.
Tidak jauh beda dengan alat musik tiup saksofon, klarinet juga dimainkan dengan menggunakan satu reed.

2. Alat musik tiup Oboe

Obo adalah alat musik double reed jenis woodwind. obae merupakan keturunan dari shawm. Kata “obo” berasal dari bahasa Perancis hautbois, berarti “high wood”. Alat musik tiup ini kadang  masih disebut dengan nama hautboy dalam bahasa Inggris. Seorang musikus yang memainkan alat musik tiup oboe disebut obois.
Dibandingkan dengan instrumen woodwind lainnya, oboe mempunyai suara yang jernih dan melengking. Suara oboe bisa terdengar jelas dalam ansambel yang besar sehingga suaranya bisa dengan mudah didengar ketika tuning.
Orkestra umunya melakukan tuning dengan mendengarkan suara oboe memainkan A concert (biasanya A440, juga terkadang lebih tinggi). Oboe di-pitch di C concert.

3. Alat musik tiup Saksofon

Saksofon adalah alat musik instrumen yang masih termasuk dalam golongan keluarga brasswind. Saksofon umumnya terbuat dari logam dan dimainkan menggunakan single-reed sama halnya seperti klarinet.
Saksofon yang merupakan alat musik tiup ciptaan dari Adolphesax pada tahun 1846, umumnya dihubungkan dengan popular music, big band music dan music jazz, namun  awalnya ditujukan sebagai instrumen orkestra dan band militer.
Sampai sekarang ini terdapat berbagai macam merk saksofon yang beredar di pasaran seperti; Yamaha, Selmer, Conn, Jupiter, Yanagisawa, La Fleur, L.A.Sax, Lincoln, Weril, Lark dan Subaru.
Sedangkan orang yang memainkan saksofon disebut saksofonis.
Beberapa nama pemain saksofonis Indonesia yang terkenal pada massanya :  Didiek S.S.S, Paulus Cucuripet, Kenny Joe,  Embong Rahardjo (alm).
Beberapa nama pemain saksofonis International Legendaris yang terkenal pada massanya : Stanley Turrentine, Coleman Hawkins, Charlie Parker, Zoot Sims,Joe Henderson
Beberapa nama pemain saksofonis International masa kini yang terkenal sampai sekarang : Eric Marienthal, Kenny G, Sadao Watanabe, Dave Koz,Richard Elliot,Kirk Whalum,Kenny Garrett.

4. Alat musik tiup Flute

alat musik Flute adalah instrumen musik yang masih satu keluarga dari woodwind. Suara flute berkarakter lembut dan bisa dikombinasikan dengan alat musik lainnya dengan baik.
Alat musik Flute modern untuk profesional umumnya terbuat dari perak, emas atau kombinasi dari keduanya. Sedangkan flute untuk student umumnya terbuat dari nikel-perak, atau logam yang dilapisi dengan perak.
Flute concert standar di-pitch di C dan memiliki jangkauan nada 3 oktaf dimulai dari middle C. Namun, pada beberapa flute untuk profesional ada bebraoa kunci tambahan untuk mencapai nada B di bawah middle C.
Ini berarti alat musik flute merupakan salah satu instrumen orkestra yang tinggi, hanya piccolo yang melibihi tinggi dari flute. Piccolo adalah flute kecil yang di-pitch satu oktaf lebih tinggi dari flute concert standar. Piccolo juga biasanya digunakan dalam orkestra.
Alat musik Flute concert modern mempunyai banyak varian. Thumb key B-flat (diciptakan dan dirintis oleh Briccialdi) standar. Tapi, B foot joint adalah pilihan ekstra untuk model menengah ke atas dan profesional.
Open-holed flute, juga umum disebut French Flute (di mana beberapa kunci mempunyai lubang di tengahnya sehingga pemain harus menutupnya dengan jarinya) umum pada pemain tingkat konser.
Akan tetapi, beberapa pemain flute (terutama student, dan bahkan beberapa pemain profesional) memilih closed-hole “plateau” key. Student umumnya menggunakan penutup sementara untuk menutup lubang tersebut sampai mereka bisa menguasai penempatan jari yang sangat tepat.
Beberapa orang mempercayai bahwa open-hole key bisa menghasilkan proyeksi suara yang lebih keras dan lebih jelas pada nada-nada rendah.

5. Alat musik tiup Terompet

Terompet adalah alat musik tiup logam. yang terletak pada jajaran tertinggi di antara tuba, sousafon, eufonium, French horn, trombon, dan Bariton. Terompet di-pitch di Bb.
Alat musik terompet hanya memiliki tiga tombol, dan pemain trompet harus menyesuaikan embouchure untuk mendapatkan nada yang berbeda dan bagus.
Jenis trompet yang paling umum adalah trompet Bb, tapi trompet C, D, Eb, E, F, G dan A juga dapat ditemukan. Trompet C paling umum digunakan dalam orkestra Amerika, bentuknya yang lebih kecil memberikan suara yang lebih cerah, dan hidup dibandingkan dengan trompet Bb.

6. Alat musik tiup Trombon




Trombon adalah alat musik tiup logam. Seperti halnya dengan alat musik tiup logam lainnya, suara dihasilkan dengan menggetarkan bibir.
Kata trombon diambil dari bahasa Itali tromba yang berarti terompet dan -one (akhiran yang berarti besar), maka secara bahasa tulis arti trombon adalah “terompet besar”. Karena memang jika dilihat secara ukuran trombon lebih besar daripada terompet. Pemain trombon disebut trombonis.

7. Alat musik tiup Harmonika




Harmonika adalah suatu alat musik yang paling mudah dimainkan. Cara Memainkannya adalah denganl meniup dan menghisapnya, maka harmonika akan mengeluarkan suara yang cukup bagus.
Harmonika merupakan alat musik tradisional yang berasal dari negara China yang bernama ‘Sheng’ yang telah digunakan kira-kira 5000 tahun yang lalu sejak kekaisaran Nyu-kwa.
Harmonika modern ditemukan oleh Christian Friedrich Buschmann pada tahun 1821. Sebuah instrumen musik tiup sederhana yang terdiri dari plat-plat getar dari logam yang disusun sedemikian rupa secara horozontal dengan desain yang dibilang kurang baik dan hanya menyediakan nada tiup kromatis.
Desain awal dari Buschman akhirnya banyak ditiru dan dimodifikasi sehingga terlihat lebih bagus dan lebih baik lagi. Salah satu contohnya adalah harmonika buatan Richter yang merupakan desain awal dari sebuah harmonika modern.
Pada tahun 1826 beliau mengembangkan pilihab harmonika dengan 10 lubang tetap dan 20 pelat getar dengan pemisahan fungsi pelat antara yang ditiup dan yang dihisap. Akhirnya, nada yang dibuat oleh Richter disebut sebagai nada diatonis dan merupakan nada standard harmonika.
Bisnis alat musik tiup Harmonika dimulai pada tahun 1857 saat pengrajin jam Jerman bernama Matthias Hohner memutuskan untuk menjadi produsen harmonika. Dibantu oleh  keluarganya, ia dapat memproduksi 650 harmonika tahun itu.
Kemudian Hohner memperkenalkan harmonika ke Amerika Utara pada 1862 sebuah langkah yang membawa pabrikan Hohner menjadi produsen nomor satu untuk jenis alat musk harmonika.
Pada 1887 Hohner telah memproduksi lebih dari 1 juta harmonika per tahunnya. Sekarang, Hohner sudah memproduksi lebih dari 90 model harmonika yang berbeda jenis, nada, dan model. Yang memungkinkan sipemain untuk memainkan berbagai macam gaya musik mulai dari pop, rock,  blues, country, ska dan bermacam-macam lainnya.
Itulah sedikit penjelasan tentang alat musik tiup modern, mungkin selanjutnya mimin akan lengkapi dengan alat musik tiup tradisional di lain kesempatan.. sekian dan semoga bermanfaat

VIDEO PEMBELAJARAN SYSTEM SONAR DAN PEMANFAATANYA


Tidak ada komentar:

Posting Komentar