Rabu, 05 April 2017

ALAT MUSIK PUKUL

ALAT MUSIK PUKUL 


Alat musik pukul adalah alat musik yang cara memainkannya dengan memukul alat musik tersebut.

Alat musik pukul ada dua macam, yaitu :

a. Alat musik pukul yang mempunyai nada, contoh : 

1. Kolintang

Macam-macam Alat Musik Pukul Beserta Gambarnya

Kolintang adalah salah satu alat musik tradisional masyarakat Minahasa di Sulawesi Utara. Alat musik ini terbuat dari kayu khusus yang disusun dan dimainkan dengan cara dipukul.

2. Perangkat gamelan

Jenis alat musik pukul

Gamelan adalah ensembel musik yang biasanya menonjolkan metalofon, gambang, gendang, dan gong. Istilah gamelan merujuk pada instrumennya atau alatnya, yang mana merupakan satu kesatuan utuh yang diwujudkan dan dibunyikan bersama. (wikipedia)
3. Calung

alat musik pukul bernada

Calung merupakan alat musik tradisional Jawa Barat yang terdiri dari deretan tabung bambu yang disusun berurutan dengan tangga nada pentatonik dan dimainkan dengan cara memukul bagian bilah atau tabungnya

4. Xylophone

Xylophone adalah instrumen sejenis gambang yang terdiri dari bilahan-bilahan (papan) dari kayu. Bilahan-bilahan tersebut tersebut tersusun seperti tuts pada instrumen piano. Dibawah papan terdapat pipa-pipa yang berfungsi untuk sebagai resonansinya.

Cara memainkan xylophone adalah dengan dipukul menggunakan dua buah tongkat yang ujungnya berbentuk bulat (mallet). Bagi seorang pemain xylophone profesional, mallet yang digunakan dapat lebih dari dua.

5. Vibraphone

alat musik pukul yang mempunyai nada

Suatu vibraphone adalah "suatu instrumen perkusi memiliki bentuk yang menyerupai xylophone tetapi dengan bilahan metal dan pipa-pipa resonator sebagai sustain nada hingga menghasilkan vibrasi". Cara memainkan instrumen ini adalah dengan memukul bilahan metal menggunakan mallet. Pemain juga dapat menekan pedal sustain, sesuai yang ditunjukkan dari notasi sampai pedal diangkat. Vibrapone ditemukan pada awal abad ke-20 yang dimainkan oleh musisi jazz terkenal seperti Lionel Hampton dan Milt Jackson.

6. Bellyra

Alat Musik Pukul (Bernada dan Tidak Bernada) Beserta Gambarnya


7. Glockenspiel

Alat Musik Pukul (Bernada dan Tidak Bernada) Beserta Gambarnya


b. Alat musik pukul tidak mempunyai nada, contoh : 

1. Gendang

Contoh alat musik pukul tidak bernada

Gendang atau kendhang adalah instrumen dalam gamelan Jawa Tengah dan Jawa Barat yang salah satu fungsi utamanya mengatur irama. 

2. Ketipung

gambar alat musik ketipung


Ketepong atau Ketipung adalah alat musik gendang kecil pengaruh dari Timur Tengah dan biasanya mengiringi lagu-lagu berbau Timur Tengah. Dan ketipung ini manjadi alat musik khas dari Kalimantan Timur

3. Rebana


Rebana (bahasa Jawa: terbang) adalah gendang berbentuk bundar dan pipih yang merupakan khas suku melayu. Bingkai berbentuk lingkaran terbuat dari kayu yang dibubut, dengan salah satu sisi untuk ditepuk berlapis kulit kambing.

4. Tamborin

Alat Musik Pukul (Bernada dan Tidak Bernada) Beserta Gambarnya
Tamborin adalah alat musik perkusi yang dimainkan dengan cara ditabuh dan digoyangkan. Tamborin menghasilkan suara gemerincing yang dapat dipadukan dengan suara tabuhan dari bagian membrannya. Tamborin terbuat dari bingkai kayu bundar yang dilengkapi dengan membran pelapis dari kulit sapi atau plastik.

5. Simbal (Cymbal)

Nama alat-alat musik pukul dan gambarnya

Simbal adalah sebuah alat musik yang telah dimainkan sejak Zaman kuno. Alat musik ini dimainkan dengan cara dipukul. Jenis alat musik seperti itu di sebut juga perkusi.Pembuat simbal terkanal dari Turki hingga kini membuat simbal dari campuran logam dengan rumus campuran tetap dan dijaga kerahasianya.

6. Timpani

Alat Musik Pukul (Bernada dan Tidak Bernada) Beserta Gambarnya


7. Triangle



8. Kastanyet

Alat Musik Pukul (Bernada dan Tidak Bernada) Beserta Gambarnya

Kastanyet adalah alat musik ritmis yang digunakan untuk mengiringi tarian-tarian spanyol yang teridiri dari sepasang kepingan kayu keras berbentuk cekung. Cara memainkan alat musik ritmis kastanyet adalah dengan cara menepuk-menepuk tangan kiri yang diletakkan kastanyet dengan menggunakan tangan kanan.

9. Gong



10. Konga 

Alat Musik Pukul (Bernada dan Tidak Bernada) Beserta Gambarnya

11. Drum Set

Alat Musik Pukul (Bernada dan Tidak Bernada) Beserta Gambarnya




VIDEO PEMBELAJARAN ALAT MUSIK PUKUL


Tidak ada komentar:

Posting Komentar