Rabu, 05 April 2017

Alat Musik Petik

Contoh Alat Musik Petik Beserta Gambarnya

Alat Musik petik adalah alat musik yang cara memainkannya dengan cara dipetik atau dengan bahasa lain cara memainkannya dengan cara dicubit cubit dengan jari tangan.
Hampir semua alat musik petik menggunakan senar sebagai sarana untuk di petik, selain dipetik biasanya bisa juga digenjreng, tapi dalam bahasa indonesia digenjreng dengan dipetik bahasanya ya tetap dipetik. Kita sering mendengar memetik gitar, tapi tidak pernah mendengar atau jarang menggenjreng gitar. selain alat musik petik ada juga Alat musik tiup dan alat musik gesek.

Beberapa contoh nya alat musik petik yang familiar di telinga kita adalah Gitar. selain gitar ternyata ada banyak lagi contoh alat musik yang bisa di petik, kebanyakan alat musik petik adalah alat musik tradisional, setiap daerah memiliki nya contoh nya seperti siter dari jawa dan kecapi dari sunda.
Alat musik seperti gitar namun lebih kecil di sebut dengan ukulele, bentuk dan suaranya hampir sama dengan gitar, namun ukuran yang membedakan nya.
Dari timur atau dari nusa tenggara barat ada alat musik bernama sasando, sasando ini biasa dimainkan di acara adat, namun sekarang sasando jarang dimainkan oleh anak muda. kita harus menjaga kelestarian kesenian lokal agar tetap menjadi kebanggan indonesia. berikut ini contoh alat musik petik dan ada gambarnya.

 Contoh Alat Musik Petik Beserta Gambarnya

contoh-alat-musik-petik
Alat musik petik menghasilkan suara ketika senar digetarkan melalui dipetik. Tinggi rendah nada dihasilkan dari panjang pendeknya dawai dan setelan kekencangan senar.
10 Contoh alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik :
a. Kecapi
b. Ukulele
c. Jentreng
d. Sasando
e. Harpa
f. Sitar
g. Siter
h. Gitar
i. Banjo
j. Mandolin
k.Pipa /Cina Kecapi



VIDEO PEMBELAJARAN ALAT MUSIK PETIK


Tidak ada komentar:

Posting Komentar